Memahami Year Zero dan Cara Menghindarinya

Baru-baru ini dunia kembali dikagetkan dengan kehadiran dokumen yang dirilis oleh Wikileaks yang diberi nama Year Zero. Berdasarkan dokumen tersebut, pusat intelegen Amerika atau yang dikenal sebagai CIA, sudah berhasil membuat badan keamanan versi mereka yang belum bisa dipertanggung jawabkan aksinya.


Year ZeroBadan keamanan tersebut berbentuk senjata yang bisa meretas ke berbagai aplikasi pertukaran pesan seperti WhatsApp. Teknik yang dimiliki CIA ini memungkinkan mereka untuk menginskripsi pesan-pesan tersebut kemudian mengambil pesan suara dan pesan teks sebelum enkripsi dimulai.

Intinya, dalam dokumen Year Zero tersebut aplikasi perpesanan sudah tak lagi aman karena kehadiran “pasukan haker” yang dibuat oleh CIA dengan menggunakan “Vault 7”. Tak hanya WhatsApp, semua applikasi perpesanan yang Anda gunakan bisa diinveksi oleh mereka. Juga tak peduli jenis smartphone apa yang Anda gunakan, Android atau pun iOS keduanya memiliki resiko yang sama.

Lalu siapa yang bisa memperbaiki ini?

Sekarang semua terserah pada produsen, termasuk pembuat sistem operasi seperti Apple, Google, atau Samsung. Mengapa mereka yang harus bergerak?

Dalam artikel yang dimuat oleh telegra.ph, diibaratkan bahwa smartphone Anda merupakan sebuah gunung yang besar. Yang memiliki terowongan rahasia dan jalan-jalan yang tersembunyi. Vault 7 adalah peta yang menunjukan terowongan dan jalan-jalan tersembunyi tersebut.

Pabrik perangkat dan sistem operasi seperti Apple dan Google bisa mendapatkan peta serupa dan mereka bisa menutup lubang-lubang dan pintu masuk yang tersembunyi tersebut agar tak ada yang bisa masuk seenaknya ke “gunung” Anda.

Ini bukanlah pekerjaan yang sulit, walaupun tetap membutuhkan waktu berjam-jam untuk dikerjakan dan mengakibatkan ada banyak update pada akhirnya. Namun tetap mereka akan mampu melakukan itu semua tanpa masalah berarti.

Siapa Yang Terpengaruh?

Sejauh ini selama Anda tidak berada dalam daftar pantauan CIA Anda tidak perlu takut. Namun kalau Anda berada dalam daftar pantau CIA, tidak peduli jenis applikasi perpesanan apa yang Anda gunakan selama smartphone Anda menjalankan sistem operasi iOS atau Android.

Dalam rilisan Wikileaks tersebut tidak dibeberkan secara detail bagaimana cara membuat dan menggunakan senjata siber milik CIA tersebut. Jadi Anda tidak usah takut kalau tetangga, atau mantan Anda akan bisa membuat senjata sejenis dan meretas smartphone kesayangan.

Apa Yang Bisa Dilakukan Sekarang?

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatakan keamanan pada gadget Anda.

    Jangan gunakan gadget yang sudah di root (Android) atau jailbrake (Apple), kecuali Anda memahami apa yang Anda lakukan.
    Jangan pernah menginstall aplikasi dari sumber yang tidak diketahui dan tidak terpercaya.
    Pastikan gadget Anda memiliki standar keamanan terkini, dan selalu install update keamanan yang ditawarkan.
    Pilihlah produsen yang menawarkan produk dengan pembaruan jangka panjang.
    Ingatlah semua gadget yang tidak lagi bisa diperbarui memiliki tingkat resiko untuk diretas lebih tinggi.

Langkah-langkah ini hanya bisa manjaga Anda dari exploitasi Year Zero bila produsen gadget menolak untuk melakukan perbaikan yang sebelumnya dijelaskan. Namun dengan mengikuti langkah-langkah diatas sebenarnya sudah cukup membuat Anda lebih aman dari serangan keamanan lainnya.

Wikileaks menutup rilisannya dengan menambahkan pernyataan dari aktivis perangkat lunak serta progammer kenamaan, Richard Stallman, atau lebih dikenal dengan inisial rms. Stallman mengatakan “Intinya dalam menggunakan perangkat lunak hanya ada dua kemungkinan, antara pengguna yang mengendalikan program tersebut, atau program yang mengendalikan penggunanya, sementara program merupakan instrument dari ketidakadilan”.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Tips Mencuci Pakaian Bayi agar Aman dan Tidak Cepat Rusak

Mencuci pakaian sang bayi memanglah sedikit repot. Karena bahan pakaian bayi beraneka ragam, maka akan sedikit repot saat mencuci. Terlebih ...

IBX5B56CD68C67CA